Rafting / Arung Jeram, Sungai Cimanuk Garut
 
.
Lokasi : Sungai Cimanuk, Garut

Tanggal : 29 Nopember 2008



Seru.. tegang.. asyik… merupakan kata-kata yang tepat buat menggambarkan perasaan sewaktu rafting (arum jeram) bersama kawan-kawan di Sungai Cimanuk Garut, hari Sabtu tanggal 29 Nopember 2008 kemarin.


Setelah mengikuti briefing dan senam pemanasan, akhirnya kita semua dipersilakan naik ke atas perahu karet, perasaan senang, takut, khawatir dan tegang semuanya campur aduk jadi satu. Menurut informasi dari skipper, ketinggian dan arus air Cimanuk saat itu terbilang normal, padahal bisa lebih seru lagi kalau pas hujan karena arusnya bisa lebih deras dan menantang (katanya sich begitu).


Tapi mesti di ingat, ada beberapa istilah atau perintah dari skipper yang harus kita taati, seperti:
  1. Dancing, instruksi ini berarti kita harus menggoyang-goyangkan perahu kalau perahunya terjebak atau stuck di antara batu-batu.
  2. Boom, instruksi yang berarti kita harus menunduk dengan posisi tangan yang memegang ujung kayuh berada di dasar perahu, ini gunanya supaya kita tidak terlempar dari perahu saat akan bertabrakan keras dengan batu atau perahu lainnya.
  3. Kiri / Kanan, kita harus pindah posisi ke posisi teman yang ada di samping kita, gunanya buat merubah arah perahu & biasanya perintah ini dibarengi sama perintah Dancing.... goyang terusss.
  4. Maju, terus mengayuh dayung ke depan.
  5. Mundur, mengayuh mundur ke belakang.
Karakter sungai Cimanuk yang berbatu-batu besar dan jeram yang silih berganti benar-benar membuat nyali sempat ciut, dan kita harus benar-benar extra disiplin dalam mengikuti perintah skipper yang ada di belakang, di beberapa tempat perahu sempat meliuk-liuk tajam (aku sempet mau jatuh ) karena memang alurnya sempit tetapi jeramnya besar, wiuh… benar-benar mantap dech.

Dan pada akhirnya, setelah kurang lebih empat jam mengarungi arus liar Cimanuk dengan disertai teriakan-teriakan histeris dari seluruh awak perahu dan suara lantang skipper yang memberikan perintah maju maju.. stopp .. mundur.. mundur.. akhirnya kami tiba juga di tempat finish (fuiih lega), dan pas turun dari perahu aku sempat mendengar ada yang nyeletuk.. ” waduh pak, sebenernya perasaan saya tadi sangat takut pak.... takut ketagihan..” haiiiyaah… gubrak@#$%!! :P



Cuplikan Photo lainnya...

0 Responses
  • CO2 in Atmosphere



    Followers